Vitamin D: Pentingnya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Vitamin D: Pentingnya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – , vitamin D3 adalah bentuk aktif vitamin D, yang diproduksi tubuh di kulit manusia selama paparan sinar matahari. Jika kebutuhannya terpenuhi, tubuh menerima banyak manfaat vitamin D3, termasuk kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Hal ini didasarkan pada peran vitamin D3 dalam mengatur kadar kalsium.

Berdasarkan AKG yang dianjurkan Kementerian Kesehatan, kebutuhan harian vitamin D untuk anak usia 0-11 bulan adalah 10 mikrogram atau 400 IU. Untuk wanita dan pria dewasa, ini setara dengan 15 mikrogram atau 600 IU. Namun, asupan vitamin D harian yang disarankan untuk lansia adalah 20 mikrogram atau setara dengan 800 IU. Pemenuhan kebutuhan nutrisi tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin D atau mengonsumsi suplemen. Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin D3, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk menyesuaikan dosis dengan kondisi Anda.

Vitamin D: Pentingnya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Vitamin D: Pentingnya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Vitamin ini larut dalam lemak. Sementara vitamin D3 diproduksi secara alami di kulit melalui paparan sinar matahari, vitamin D2 – bentuk aktif lain dari vitamin D – hanya tersedia dalam jenis makanan nabati tertentu, seperti jamur. Selain sinar matahari, vitamin D3 juga terdapat pada makanan hewani, antara lain:

Blackmores Vitamin D3 1000 Iu

Vitamin D3 bisa didapatkan tidak hanya dari makanan, tapi juga dari suplemen yang mengandung vitamin D3. Anda bisa mencoba Blackmores Vitamin D3 1000 IU (Rp 145.733). Blackmores Vitamin D3 1000 IU adalah Vitamin D3 yang mendukung pembentukan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain membantu penyerapan kalsium dan fosfat, manfaat lain dari Blackmores Vitamin D3 1000 IU antara lain memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengobati penyakit paratiroid.

Vitamin ini dibutuhkan untuk membantu tubuh menyerap mineral kalsium dan fosfor yang penting untuk membangun dan memperkuat tulang. Vitamin D – D2 dan D3 – diserap oleh sistem limfatik sebelum memasuki sistem peredaran darah sebagai kilomikron, yang dicerna oleh tubuh. Sebagai suplemen, kebutuhan nutrisi 1000 IU vitamin D3 biasanya diperoleh dari sinar matahari dan makanan, misalnya oleh penderita lupus. Bukan hanya lupus, manfaat lain dari Vitamin D3 1000 IU antara lain:

READ  Mengatasi Gejala Menopause Pada Lansia

Suplementasi vitamin D3 dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah rakhitis dan osteoporosis. Penyakit Razor adalah kondisi pertumbuhan tulang yang tidak normal pada anak-anak. Tidak seperti osteomalasia, tulang seseorang lunak dan mudah patah. Kedua kondisi tersebut disebabkan oleh kekurangan mineral vitamin D, kalsium dan fosfor dalam tubuh.

Vitamin D berperan penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan respon tubuh terhadap mikroba penyebab penyakit, mengurangi peradangan saat infeksi, dan membangun sel darah. Sistem kekebalan sebenarnya membutuhkan vitamin D, karena memaksimalkan aktivitas sel darah putih yang berperan protektif dalam tubuh manusia. Kekurangan vitamin ini dapat menurunkan kekebalan tubuh terhadap radikal bebas dan membuat tubuh rentan terhadap penyakit.

Sayang Dilewatkan, Ini Dia Beragam Manfaat Vitamin E Untuk Kecantikan

Asupan vitamin D3 yang cukup membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang, yang mengurangi risiko patah tulang pada orang dewasa yang lebih tua.

Kadar vitamin D dalam tubuh dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Misalnya pada penyakit ginjal kronis, produksi vitamin D tidak maksimal karena fungsi ginjal berkurang. Oleh karena itu, banyak pasien gagal ginjal dianggap kekurangan vitamin D. Untuk mengembalikan kadar normal vitamin D dalam tubuhnya, mereka disarankan untuk melengkapi asupan makanannya dengan suplemen vitamin D3.

Kelenjar paratiroid adalah kelenjar yang mengontrol kadar kalsium dalam tubuh dengan memproduksi hormon paratiroid. Hormon ini berperan penting dalam produksi alami vitamin D, sehingga jumlah mineral kalsiumnya juga tinggi. Jika fungsi kelenjar paratiroid terganggu, otomatis jumlah vitamin D dan kalsium dalam tubuh akan berkurang. Inilah sebabnya mengapa suplemen vitamin D3 biasanya digunakan untuk mengobati gangguan paratiroid.

Vitamin D: Pentingnya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Setelah masa kanak-kanak, wanita muda, termasuk wanita hamil, mungkin berisiko lebih tinggi mengalami kekurangan vitamin D3. Kekurangan vitamin D3 pada wanita saat hamil mempengaruhi kesehatan tulang janin. Ketika total 25(OH)D di bawah 10 ng/ml atau 25 nmol/L, risiko osteoporosis meningkat secara signifikan. Makanya, pentingnya vitamin D3 pada remaja putri, terutama saat hamil untuk menjaga kesehatan tulang janin.

Vitamin D Di Apotik Yang Bagus Dan Harganya

Secara umum, mengonsumsi suplemen vitamin D melalui mulut aman dan tidak menimbulkan efek samping. Jika vitamin ini dikonsumsi melebihi jumlah yang dianjurkan oleh dokter, lain lagi keadaannya. Beberapa efek samping dari mengonsumsi terlalu banyak vitamin D3 meliputi:

Pada beberapa orang, konsumsi suplemen ini dapat menimbulkan reaksi alergi seperti ruam kulit, gatal dan bengkak pada wajah, lidah atau tenggorokan, pusing dan kesulitan bernafas. Jika Anda melihat efek samping dari vitamin D aktif ini, segera hubungi dokter Anda.

READ  Kenali Jenis-jenis Penyakit Hati Dan Gejalanya

Suplemen ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan kelebihan vitamin D (hipervitaminosis D) dan kalsium (hipokalsemia), malabsorpsi nutrisi (sindrom malabsorpsi), penyakit ginjal dan hati. Itulah beberapa informasi tentang manfaat dan fungsi serta dosis Vitamin D3. Ingatlah selalu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen vitamin D3.

Anda dapat mengunduh aplikasi untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda. adalah sebuah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen berdasarkan kebutuhan individu. Aplikasi ini tersedia melalui Google Play Store dan App Store. Atau beli melalui website.

Jarang Diketahui, Ini Daftar Makanan Yang Mengandung Vitamin D3 Tinggi

Nair, R. dan Masih, A. 2012. Vitamin D: Vitamin ‘sinar matahari’. Jurnal Farmakologi dan Farmakoterapi. 3(2), 118–126.

Artikel Sebelumnya Manfaat Tembaga atau Copper Artikel Berikutnya Suplemen Blackmores CoQ10 untuk Kesehatan Jantung dan Hati

Plus, suplemen yang Anda pesan adalah rekomendasi berdasarkan kebutuhan Anda. Menggunakan teknologi pembelajaran mesin, ada baiknya Anda memenuhi kebutuhan tambahan berdasarkan pertanyaan yang dijawab aplikasi. Selain itu, Anda tidak perlu berurusan dengan bisnis berulang karena Anda dapat berlangganan. Jangan khawatir, Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Vitamin D: Pentingnya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Estimasi waktu pengiriman segera adalah maksimal 4 jam setelah obat diterima oleh pengirim, dan estimasi pengiriman reguler berdasarkan jadwal pengiriman yang dipilih oleh pelanggan. Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Secara umum, manfaat vitamin D berkaitan erat dengan kesehatan tulang. Selain itu, manfaat vitamin D juga penting untuk pencegahan penyakit tertentu seperti penyakit autoimun, kanker, penyakit jantung, dan infeksi.

Egg Beaters Southwestern Nutrition Facts & Calories

Masalahnya adalah di dunia sekarang ini, kebanyakan orang lebih aktif di dalam ruangan dan kurang terpapar sinar matahari. Padahal, sinar matahari sangat penting bagi tubuh, terutama dari segi sintesis vitamin D.

Kehadiran vitamin D dalam tubuh sangat penting untuk penyerapan kalsium. Selain itu, tubuh membutuhkan kalsium sebagai nutrisi utama untuk membangun tulang, sehingga menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

Kekurangan vitamin D berarti tubuh tidak dapat menghasilkan cukup hormon kalsitriol, sehingga tubuh mendapatkan simpanan kalsiumnya dari sumber lain, yaitu tulang. Akibatnya, tulang menjadi lemah dan rentan terkena osteoporosis dan rakhitis. Menurut hasil penelitian, efek vitamin D dan kalsium dapat mengurangi risiko patah tulang.

Wanita juga membutuhkan manfaat vitamin D, terutama ibu hamil. Kekurangan vitamin D sangat rentan terjadi pada wanita, terutama ibu hamil dan lansia. Pada ibu hamil, hal ini disebabkan adanya resiko kehilangan kalsium akibat kebutuhan janin dalam kandungan dan tingginya ekskresi kalsium melalui urin. Selain itu, kejadian kehilangan kalsium yang parah meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

READ  Vaksin Booster Kedua Tidak Di Rekomendasikan Dari Pihak Who Kepada Orang Sehat

Manfaat Vitamin C Untuk Kulit: Menyehatkan Sekaligus Mempercantik

Risiko kekurangan vitamin D pada ibu hamil mengganggu kesehatan tulang janin dalam kandungan. Salah satunya adalah meningkatnya risiko rakhitis. Oleh karena itu, ibu hamil harus mengonsumsi vitamin D yang cukup, terutama saat persalinan, agar bayi mendapat cukup vitamin D selama 4-6 bulan ke depan. Karena manfaat vitamin D pada anak sangat bergantung pada ibu.

Bagi ibu hamil, efek kekurangan vitamin D meningkatkan risiko preeklampsia, kelahiran prematur, diabetes gestasional, dan infeksi bakteri vagina selama kehamilan.

Selain kesehatan tulang dan otot, beberapa penelitian baru-baru ini dilakukan yang menunjukkan peran vitamin D dalam tubuh ibu hamil. Contohnya adalah multiple sclerosis, yang lebih sering terjadi pada wanita. Kondisi ini terjadi karena kekurangan vitamin D dalam tubuh. Selain itu, vitamin D juga berperan sebagai imunosupresan pada rheumatoid arthritis.

Vitamin D: Pentingnya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Fungsi lain dari vitamin D bagi tubuh adalah untuk memastikan imunitas tubuh tetap normal, sehingga mampu melawan berbagai penyakit. Asupan vitamin D yang cukup juga mengurangi risiko kanker. Fakta ini didukung oleh beberapa penelitian yang menemukan hubungan antara jumlah vitamin D yang cukup dan penurunan risiko kanker. Studi lain juga melaporkan bahwa kekurangan vitamin D dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi seperti gagal jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung iskemik.

My Well Vitamin D3 1000 Iu Baru Masih Segel, Kesehatan & Kecantikan, Kulit, Sabun & Tubuh Di Carousell

Ada tiga cara mendapatkan vitamin D untuk tubuh, sinar matahari, makanan dan suplemen. 80% vitamin ini bisa didapatkan dari sinar matahari. Sinar matahari membantu kulit mendapatkan vitamin D aktif. Dengan kata lain, peran sinar matahari sangat penting untuk sintesis vitamin D. Ketika seseorang berada di luar untuk waktu tertentu, dia pasti mendapat cukup sinar matahari.

Kemudian Anda bisa mendapatkan 20% vitamin D dari makanan. Sumber makanan vitamin D yang berbeda termasuk salmon, tuna, telur, susu, yogurt, dan salmon. Cobalah untuk mendapatkan cukup vitamin D dari makanan.

Namun, kebutuhan vitamin D tidak dapat dipenuhi dari sinar matahari atau makanan karena beberapa alasan. Anda bisa mendapatkannya dari suplemen vitamin D. Contoh suplemen ini adalah NUTRIMAX VITAMIN D3 1000IU isi 60 kapsul (139.380 rubel).

Padahal, Anda bisa mengonsumsi sumber vitamin D dalam jumlah maksimal yang disebutkan di atas

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Redoxon Triple Action

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat kunyit putih untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat daun mint untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat kolang kaling untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat pepaya untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat vco untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat saffron untuk kesehatan dan kecantikan, vitamin c dan kolagen untuk kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *